11 Juli 2009

Manfaat Susu

Pola makan seimbang berarti memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. Susu merupakan salah satu minuman yang mempunyai kandungan nilai gizi yang sangat besar dan sangat bagus untuk kesehatan, tetapi susu merupakan komsumsi sebagai penyempurna, karena asupan yang masuk ke dalam susu sangat penting mengandung gizi pembangunan tubuh. Makanya dalam komponen lima sempurna termasuklah susu sebagai penyempurna. Zat gizi yang dibutuhkan untuk aktifitas, termasuk menjaga metabolism dalam tubuh dan tumbuh kembang, juga menganti sel-sel yang rusak.


Manfaat yang diberikan susu untuk manusia memiliki tahap sesuai usia, seperti kalau untuk bayi baru lahir berfungsi sebagai pembentukan dan perkembangan tubuh. Dan untuk anak-anak dan remaja fungsi sebagai sumber protein, vitamin B12 dan kalsium. Dan buat orang dewasa dan orang lanjut usia sebagai protein dan vitamin. Selain manfaat yang berbeda, jenis susu yang dikomsumsi juga bagi setiap orang berbeda-beda. Karena didalam susu sangat banyak tambahan makanan zat gizi seperti vitamin, protein dan kalsium dan itu semua sangat dibutuhkan didalam tubuh kita, bagi bayi dan anak juga baik buat perkembangan otak dan kecerdasan. Apabila kurang gizi makan akan menganggu pertumbuhan perkembangan anak juga. Dan akan juga mudah timbul penyakit jadinya. Penyakit yang akan timbul jika kurang asupan protein dan makanan, temasuk susu kedalam tubuh dapat menyebabkan anak mudah terserang penyakit infeksi.


Disini anda bisa melihat beberapa tips mengenal manfaat susu, seperti :

  • Kandungan gizi dalam susu lebihlengkap dan lebih mudah diserap.

  • Susu sumber protein, vitamin, kalsium. Fosfor, magnesium yang sangat penting untuk pertumbuhan gizi dan pembentukan tulang.

  • Susu mengandung imunoglobin, vitamin A dan zinc yang penting meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Susu juga mengandung asam lemak essensial yang sangat penting buat kesehatan pada jantung.

  • Karbohidrat dalam susu adalah laktosa yang kurang menimbulkan kerusakan pada gigi serta tidak menimbulkan diabetes, jadi habis minum susu malam hari lebih baik sikat gigi.

  • Susu kaya akan asam amino essensial. ( triptofan yang bermanfaat untuk mengistirahatkan sel) yang dapat menyenyakan tidur.

Posting Komentar

Labels

Total Tayangan Halaman

Flag Counter