24 Mei 2014

Biaya Biaya Siluman Kartu Kredit


  • Biaya-biaya siluman kartu kredit tersebut adalah:
  1. Iuran Tahunan (annual fee)
  2. Biaya Keterlambatan Pembayaran (late charge/dunning fee)
  3. Biaya Bunga Ritel
  4. Biaya Bunga Tarik Tunai
  5. Biaya Penarikan Tunai (cash advance)
  6. Biaya Over Limit
  7. Biaya Cek/Giro Ditolak
  8. Biaya Penggantian Kartu (card replacement)
  9. Biaya Copy Sales Draft
  10. Biaya Transfer Dana
  11. Biaya Pelayanan Pembayaran
  12. Biaya Permintaan Copy Tagihan
  13. Biaya Permintaan Kenaikan Limit
  14. Biaya Materai Lunas Pembayaran
  15. Biaya penalty (bagi yg memiliki cicilan tetap)
  • Iuran tahunan (annual fee) kartu kredit rata-rata hampir dikenakan kepada semua pemegang kartu.
  • Tetapi Anda tak perlu kuatir karena jika nilai transaksi Anda cukup besar maka di tahun-tahun yang akan datang bisa mengajukan program bebas iuran tahunan. atau ancam tutup kartu. pasti akan dibebaskan iuran tahuannya.
  • Mungkin istilah yang lebih tepat bukan persoalan iuran tahunan yang tinggi melainkan bagaimana memilih bank yang kredibel dan profesional di mana banyak program-program yang diberikan kepada pemegang kartu kredit. That's it!
  • Kartu kredit silver : Rp 75.000 - Rp 200.000
    Kartu kredit gold : Rp 300.000 - Rp 400.000
    Kartu kredit platinum : Rp 500.000 - Rp 1.000.000
    kartu kredit black : Rp 1.500.000 - Rp 3.500.000
    kartu kredit world/infinite/signature/ultimate: FREE untuk nasabah priority dan atau dikenakan jika bukan nasabah.
    biaya diatas pastinya sesuai kebijakan bank. ini hanya angka umum sebagai paduan.
  • Cara mendapatkan annual fee secara gratis setiap tahun:

    1. gunakan kartu dengan baik minimal terpakai 50% dalam jangka waktu tertentu biasanya 3-6bln sebelum habis masa tahunannya.
  • 2. bayarlah tagihan anda dengan full payment alias bayar penuh saat di tagih sesuai pemakaian anda dan kemampuan anda.
  • 3. jika ada program cicilan 0% anda ikuti.
    seperti yg saya terapkan metode diatas berhasil selama ini. jika masih tidak berhasil. bilang saja mau tutup kartunya. NAH cara pamungkas ini pasti dikasih hehehe
  • sebenarnya bank tidak perlu mengenakan annual fee karena sumber pemasukan bank bukan dari itu tetapi dari transaksi kartu itu sendiri. alias berasal dari para merchant (pedagang) yang jumlahnya ratusan milyar setiap bulan. belum lagi dari tambahan bunga dan biaya lainya.
  • LATE CHARGE/DUNNING FEE (biaya keterlambatan)

    Biaya ini besarnya bervariatif sesuai dengan jenis kartunya mulai dari Rp.25.000 sampai dengan Rp.150.000 sekali terlambat membayar setiap tagihan bulanan.
  • biaya ini termasuk salah satu sumber pendapatan bank. jebakan ini biasanya terjadi dengan bank yg card centernya abal2 alias tetap menghitung hari libur seperti hari biasa.
  • Bank yg card centernya baik akan memundurkan otomatis bila tagihan jatuh pada hari libur spt sabtu minggu dan libur nasional plus ditambah 3 hari kerja. inilah salah satu card center yg baik.
  • Biaya late charge ini bisa di hapus asal kita berani melawan dan berdebat dengan mereka dengan alasan yg tepat. :)
  • BUNGA RITEL/PEMBELANJAN 
    bunga ritel bervariatif antara 3% sampai 3,5%. dengan keluarnya peraturan BI yg baru bunga ritel di maksimalkan 3% atau dibawahnya. banyak bank menerapkan diangka 2,95%. bahkan ada yang 2,5%
  • bunga ritel dikenakan pada saat kita sewaktu ditagih tidak membayar secara full misalnya ditagih 1jt anda membayar 200rb. maka sisa 800rb dikenakan bunga. disini sering kita terkaget kaget melihat bunganya kok dibayar tp bunganya masih besar.
  • Disinilah iblis bank cara menghitung bunga walau kita membayar 200 rb dari tagihan 1jt bukan bearti bunga kita di hitung dari sisa yg 800rb tetapi tetap dari 1jt karena bunga berjalan dan dihitung sampai jatuh tempo inilah iblis bank cara menghitung bunga hari. dikali persen dibagi hari dikali hari dari awal kita transaksi. dipotong hari (saat uang masuk). nah seram kan?!!! gak percaya coba hitung tagihan anda spt diatas pasti berbeda. hehehe. Jangan lupa untuk menanyakan hal menghitung bunga dengan jelas kepada bank karena tiap bank berbeda cara menghitungnya ,walau dasarnya hampir sama.
  • nah kalo kita tidak pakai kartunya pada bulan berikutnya baru bunganya pas diangka yg ditentukan kenapa. karena bunga yg di hitung bunga dari tanggal cetak. hehehe licik ya. tetapi kalau kita pakai lagi apalagi dipakai tarik tunai waduh huitungan bunga nya jadi dahsyat. saran saya selesaikan dulu sampai nol baru kita pakai sesuai kemampuan kita. dan yg pasti bayarlah tepat waktu dengan full payment. mari kita sama bertanggung jawab agar tidak terkena bunga ritel semaksimal mungkin.
  • BIAYA BUNGA TARIK TUNAI (CASH ADVANCE)

    Dikenakan apabila kita menarik uang tunai dari kartu kredit kita di mesin atm contoh: Anda menarik tunai kartu kredit dari mesin ATM BCA sebesar Rp 1.000.000 (kita kesampingkan dulu biaya tarik tunai) maka di bulan depan akan datang tagihan sebesar Rp 1.000.000. Anda bayar full maka Anda tidak akan dikenakan biaya bunga tarik tunai seperti ini. Namun jika Anda menyicil sebagian dan katakanlah hanya membayar Rp 500.000, maka bulan depan biaya bunga tarik tunai ini akan diberlakukan atas saldo hutang tertunggak sebesar Rp 500.000. Jika bunga tarik tunai adalah 4% maka Anda bisa dikenakan Rp 20.000 (Rp 500.000 x 4%). Dan kalau bank itu curang menghitungnya dari jumlah penarikan awal maka Anda dikenakan Rp 40.000 (Rp 1 juta x 4%). Harap tanyakan dengan baik bagaimana bank menghitung bunga penarikan tunai seperti ini.
  • biaya bunga penarikan tunai tidak dialami semua pemegang atau pemilik kartu kredit. Hanya berlaku buat mereka yang menggunakan kartu kredit untuk menarik uang dari mesin ATM dan tidak membayar full pada saat jatuh tempo. Jika Anda jarang menarik tunai maka acuhkan saja biaya satu ini.
  • BIAYA PENARIKAN TUNAI (CASH ADVANCE FEE)

    Besarnya biaya penarikan tunai ini rata-rata adalah 4% atau minimal Rp 100.000 tergantung mana yang lebih besar. Hampir semua bank penerbit kartu kredit mengumumkan adanya pemberlakukan biaya sebesar ini. Dan yg pasti penentuan biaya ini berubah sesuai kebijakan bank.
  • jika anda menarik di atm maka otomatis biaya tarik tunai ini minimal 100.000 walaupun anda menarik 300rb. tetapi jika anda menarik dalam jumlah besar maka otomatis akan di berlakukan biaya 4% sesuai ketentuan.
  • Biaya tarik tunai inilah yang menjadi salah satu sumber pemasukan bank dalam bisnis kartu kredit. Biasanya bank yang memiliki mesin ATM terbanyaklah yang menikmati biaya-biaya seperti ini.
  • Tidak semua bank penerbit kartu kredit membebaskan nasabah kartu kredit mereka dari biaya tarik tunai meski menarik tunai dari mesin ATM mereka sendiri.
  • BIAYA MELEBIHI BATAS KREDIT (OVER LIMIT FEE)

    Biaya ini timbul jika kita memakai kartu melebihi batas. koq bisa? kan limit saya cm 5jt baru pakai 2jt. nah ini dia. kadang kita tidak meyadari kalau kita terkadang tidak membayar full payment dan menyebakan timbul biaya interest dan biaya siluman lainnya di billing kita dan itu mengurangi batas limit kita

8 komentar:

  1. biaya tarik tunai lewat mesin atm antara menggunakan kartu kredit dengan kartu atm bedakan? terus kalau belanja dari toko online luar negeri yang transaksinya mengunakan dollar misal apakah akan dikenakan biaya konversi mata uang, kalau ya kira2 berapa persen?

    BalasHapus
  2. tarik tunai biayanya tergantung dari kartu kredit yang mengeluarkan, ada yang 4% dan ada yang sekali tarik 100.000, beda dengan gestun atau gesek tunai biaya tergantung merchantnya ada yang 2.5%..

    kalau belanja tunai dikonversi langsung ke rupiah dengan kurs pada hari itu, contoh belanja $100 kurs hari ini pada Bank BCA $1= Rp 13.500 maka tinggal dikalikan saja 100*13.500 = Rp 1.350.000

    BalasHapus
  3. Biaya tarik tunai itu di potong langsung apa saat kita membayar tarik tunai tersebut,jika saya tarik tunai 1jt,apa kluar uang di mesin ATM 1jt apa kurang..? Apa jika membayar sebelum jatuh tempo kita tetap kena bunga..? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tarik tunai 1 juta keluarnya tetap 1 juta, biaya administrasi nanti ketahuan di billing berapanya setelah melakukan tarik tunai.. misal tanggal 25 Feb 2017 tarik tunai 1 juta, biaya administrasinya juga sama tgl 25 Feb 2017 misal sebesar 50.000.

      Jika membayar sebelum jatuh tempo gak kena bunga, kena bunganya kalau bayarnya kurang dari total tagihan..

      sama2..

      Hapus
  4. Gan mau tanya, kk cc saya ketelen di atm bri, dan sudah telp call center dan akan dibuatkan yang baru. Kira2 brp lama yah prosesnya dari pengajuan? Untuk kartu itu ada di tangan saya lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin 14 harian... bisa juga lebih

      Sering telpon call center saja biar tahu prosesnya sampe dimana..

      Hapus
  5. Gan mau tanya, kk cc saya ketelen di atm bri, dan sudah telp call center dan akan dibuatkan yang baru. Kira2 brp lama yah prosesnya dari pengajuan? Untuk kartu itu ada di tangan saya lagi.

    BalasHapus

Labels

Total Tayangan Halaman

Flag Counter