13 Juli 2011

Tips Cerdik Menggunakan Kartu Kredit

Dewasa ini hampir setiap orang telah memiliki dan menggunakan kartu kredit (credit card) sebagai media transaksi non tunai. Hal ini dikarenakan proses pembuatan yang cenderung lebih mudah hanya menggunakan KTP dan dokumen pendukung lainnya, tawaran discount bagi para penggunanya serta kepraktisan penggunaannya. Namun demikian, banyak diantara pengguna kartu kredit yang terjebak dalam pemakaiannya apabila kita tidak cerdik dalam menggunakannya.

1293033547571082948

Berikut ini adalah tips cerdik dalam menggunakan kartu kredit :

1. Manfaatkan Program pada Kartu Kredit

Saat ini semakin banyaknya bank penerbit kartu kredit yang memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menggunakan fasilitas kartu kredit membuat bank-bank tersebut semakin berkompetisi untuk mendapatkan kepuasan pelanggan dengan menggunakan program-program menarik yang ditawarkan, seperti diskon, bunga 0% dan kemudahan akses dalam melakukan transaksi sehingga membuat pelanggan serasa raja apabila menggunakan kartu kredit bank tertentu.

Oleh karena itu kita sebagai pengguna kartu kredit harus cerdik dalam menggunakan fasilitas yang ada dalam kartu kredit kita. Sangatlah bermanfaat apabila kita harus melakukan entertain pelanggan bisnis kita dan ternyata di restoran tersebut diskon 50%, atau ketika kita mau membeli sebuah telepon genggam tetapi danaya belum cukup dan ditawarkan bunga 0% selama 6 atau 12 bulan. Ada juga bank penerbit kartu kredit yang menawarkan membayar tagihan listrik/PLN/telepon melalui kartu kredit selama setahun penuh, maka anda akan memperoleh diskon 10% atau penerbit kartu akan memberikan diskon sdi supermarket atau restoran tertentu.

2. Jangan Menunda untuk Melakukan Pembayaran

Didalam artikel saya sebelumnya mengenai Penyebab Utama Customer Tidak Membayar Kredit”,salah satunya penyebabnya adalah busy hectic, hal ini yang kadangkala merugikan kita sebagai pelanggan. Sesibuk-sibuknya kita di pekerjaan kita sehingga kita menunda melakukan pembayaran tagihan sehingga mengakibatkan kita terkena Late Change atau Denda Keterlambatan dan Financial Charge atau Bunga Berjalan.

Dalam hal ini kita sebagai pelanggan harus cerdik, sebelum jatuh tempo kita sempatkan untuk membayarkan tagihan kita, karena tanggal jatuh tempo adalah batas akhir pembayaran tagihan bukannya ketika tanggal jatuh tempo baru kita akan melakukan pembayaran. Apabila kita sangat sibuk dengan pekerjaan kita, mungkin kita bisa titipkan pembayaran kita kepada keluarga kita atau rekan kita.

3. Jangan Membayar Minimum Payment

Kita jangan terjebak dengan membayar minimum payment, kita harus sadari bahwa kartu kredit bukanlah kartu penambah uang cash kita, tetapi kartu kredit adalah kartu hutang dimana kita seharusnya melakukan pembayaran dari setiap apa yang kita gunakan sebagi pengganti uang tunai. Karena apabila kita membayar minimum payment kita akan terkena Financial Charge (Bunga Berjalan), dimana perhitungan bunganya adalah

(Selisih hari X Suku Bunga Tahunan X Nilai Transaksi) / 360 hari

Dan perhitungan ini di hitung dari setiap transaksi yang ada. Apabila bulan selanjutnya kita tetap membayarkan minimum maka kita akan terkena bunga berbunga dan seterusnya yang akan mengikat kita.

Apabila kita melakukan pembayaran secara full payment, kita tidak akan terkena perhitungan bunga itu dan sangat menguntungkan buat kita.

4. Jangan Pemakaian Melebihi Limit

Kadangkala karena kita tergiur dengan promo-promo yang ada sehingga kita menggesek kartu kredit kita tanpa kita sadari limit yang ada di kartu kredit kita sudah melebihi limit yang ditetapkan. Hal ini sangat merugikan kita karena kita akan terkena biaya over limit. Pastikan kita memiki anggaran belanja sebelum kita menggesek kartu kita untuk menghindari biaya-biaya yang tidak diinginkan.

Apabila kita cerdik dalam menggunakan Kartu Kredit, hal ini sangatlah menguntungkan diri kita, dan dengan begitu kita tidak akan merasa terganggu dikejar-kejar oleh bagian penagihan untuk menagih tagihan kita yang belum terbayarkan.

Posting Komentar

Labels

Total Tayangan Halaman

Flag Counter