12 September 2017

BEBERAPA PENYEBAB OVERHEATING DAN MASALAH YANG SERING TERJADI ATAU DIALAMI PADA BAGIAN CYLINDER HEAD MOBIL SERTA SOLUSINYA

BEBERAPA PENYEBAB OVERHEATING DAN MASALAH YANG SERING TERJADI ATAU DIALAMI PADA BAGIAN CYLINDER HEAD MOBIL SERTA SOLUSINYA

Cylinder head mobil merupakan salah satu komponen mobil yang penting dan juga memiliki fungsi sebagai tempat proses pembakaran. Selain itu, cylinder mobil juga menjadi tempat katup buang serta hisap bekerja dan sebagai tempat busi untuk pembakaran. Setiap cylinder head mempunyai bagian katup yang tidak sama, ada yang memiliki 8 buah, 12 buah, dan 16 buah.
Jumlah katup tersebut tergantung dan sesuai pada teknologi serta kebutuhan masing-masing kendaraan. Namun, pada umumnya masing-masing jenis mobil memiliki kelemahan yang berbeda-beda, khususnya pada bagian komponen mobil tersebut. Cylinder head ini memiliki tugas yang sangat berat, jadi sering dan sangat rentan sekali komponen tersebut mengalami kerusakan atau permasalahan.
Dan berikut adalah beberapa penyebab dan masalah yang sering terjadi atau dialami pada bagian cylinder head mobil serta solusinya :

1.     Katup bocor
Masalah yang bisa terjadi pada cylinder head mobil adalah klep atau katup cylinder head tersebut bocor karena sudah aus. Ketika klep atau katup cylinder head ini bocor, tentu akan berpengraruh pada bagian kompresi mobil.

Efek atau akibat yang ditimbulkan dari katup bocor tersebut adalah tenaga mesin mobil berkurang. Katup atau klep yang ada pada cylinder head yang sudah aus biasanya karena berbenturan secara terus menerus dengan klep atau katup tersebut.
2.     Cylinder head memuai
Cylinder head juga bisa mengalami pemuaian, cylinder head yang memuai bisa dikarenakan oleh mesin yang sudah terlalu panas. Mesin yang panas ini biasanya diakibatkan oleh pendingin mesin yang sudah mati atau kekurangan air pendingin. Akibat dari cylinder head yang memuai adalah air radiator dan oli akan menyatu atau tercampur, karena kebocoran antara blok mesin dan juga cylinder head yang memuai tersebut.

Sehingga air akan memasuki lubang-lubang oli, dan oli pun akan memasuki lubang air pada mobil. Untuk itu, anda harus rutin mengecek kondisi air radiator dan juga mesin pendingin mobil untuk menghindari cylinder head yang memuai.
Terlebih jika anda termasuk orang yang suka dan sering melakukan perjalanan jauh.  Untuk mengatasinya, anda harus membuat permukaan bagian cylinder head mobil tersebut rata kembali atau bisa dengan di slyp lagi dengan menggunakan mesin bubut.
3.     Packing bagian cylinder head mobil rusak
Selain bisa memuai dan mengakibatkan oli dan air radiator tercampur, packing cylinder head yang rusak juga bisa membuat air dan oli tercampur.
Biasanya packing cylinder head rusak karena sudah dipakai terlalu lama atau bisa karena proses pemasangan yang salah. Jika packing cylinder head mobil sudah rusak, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.
4.     Cylinder head mengalami keretakan
Permasalahan yang sering terjadi pada cylinder head mobil adalah terjadinya keretakan pada cylinder head mobil tersebut. Cylinder head mobil yang rusak penyebabnya sama seperti cylinder yang memuai, yaitu mesin terlalu panas karena kurangnya proses pendinginan pada bagian mesin.

Setelah mengetahui beberapa masalah yang bisa terjadi pada cylinder head mobil, Anda juga harus memperhatikan saat akan mengisi ulang air radiator. Hindari mengisi air radiator saat keadaan mesin masih panas, karena jika hal tersebut anda lakukan bisa mengakibatkan cylinder head rusak.
Namun, sebenarnya kerusakan atau masalah yang terjadi pada cylinder head mobil merupakan kesalahan pengguna mobil itu sendiri. Oleh sebab itu, Anda harus lebih rutin dan juga selalu teliti dalam memeriksa bagian atau komponen mobil agar tidak melewatkan masalah yang terjadi.



Cara Memeriksa Kerusakan Gasket Cylinder Head

Ada tanda yang terlihat yang mengindikasikan kerusakan pada Cylinderhead atau pada Gasketnya. secara umum ini bisa terlihat di air radiator pada saat mesin di hidupkan.
  • Buka tutup radiator (lakukan saat keadaan mesin dingin) awas jangan buka saat mesin panas, bisa berbahaya. jika air kurang, tambahkan cairan radiator hingga penuh.
  • Langkah selanjutnya kemudian start mesin dan anda perhatikan permukaan air pada radiator. lalu amati dan kondisinya sebagai berikut :
  • Jika saat mesin hidup bersamaan dengan itu air muncrat keluar, itu salah satu gejala tidak normal. ini berarti ada tekanan kompresi yang masuk ke saluran pendingin dan meniup cairan di saluran pendingin.
  • Jika saat mesin hidup dan anda tekan/tarik gas keluar gelembung udara dari air radiator, itu juga gejala tidak normal.
  • Jika radiator di tutup dan mesin dibiarkan hidup untuk beberapa saat kemudian anda buka kembali tutup radiator dan ada tekanan udara keluar, itu juga gejala tidak normal. bisa dipastikan penyebabnya paking cylinder head rusak.
Yang menyebabkan hal diatas adalah kompresi udara di ruang bakar masuk melintas ke saluran -saluran cairan pendingin di antara blok mesin dan silinder head dikarenakan gasket rusak. kerusakan pada Cylinder Head Gasket juga bisa mengakibatkan cairan pendingin bercampur dengan oli pelumas mesin yang akan membuat oli berwarna putih susu dan juga sebaliknya bisa membuat cairan oli bercampur naik ke cairan pendingin radiator. servis kendaraan anda sebelum kerusakan tambah parah, ini bisa juga membuat mesin kendaraan anda macet akibat pemuaian

Posting Komentar

Labels

Total Tayangan Halaman

Flag Counter