Pertama latihan langsung disuruh mengemudi seperti pertemuan yang pertama yaitu :
1 | Cara menghidupkan mobil | OK |
2 | Perpindahan gigi pertama | OK |
3 | Perpindahan gigi kedua | OK |
4 | Gas | Belum maks kadang terlalu kencang |
5 | Rem | OK |
6 | Belokan | Bad |
7 | Bunderan | OK |
8 | Gundukan/polisi tidur | OK |
Point ke 6 hasilnya memang buruk, belokan pertama nyangsang di separator dan hampir nabrak pohon, panik button pancal rem, karena salah memutar stir ke kanan terus, harusnya langsung putar balik setelah arah mobil sudah lurus dari jalan raya, kesalahan terjadi kemungkinan karena salah mendengar instruktur harusnya ke kiri, saya malah mutarnya ke kanan terus.. hasilnya nyangsang di separator, atau juga karena sebelumnya saya main dr.driving di HP, entahlah,,,
Belokan kedua dan ketiga juga sama, lambat memutar stir mobil secara penuh karena masih ragu-ragu di depan sudah ada sepeda motor yang lewat, hasilnya mobil mati, nyangsang di separator juga.. hedeh parah-parah..
Kalau lancar terus bagaimana bisa belajar, karena belajar bisa dari kesalahan dan jadi tahu bagaimana cara memperbaikinya (*sok wise mode:on)
Materi yang baru diajarkan oleh instruktur seumpama mobil di tanjakan :
1 | Injak rem kaki |
2 | Injak coupling |
3 | Pindahkan ke gigi 1 |
4 | Angkat coupling pelan-pelan sampai mobil berasa ada getaran |
5 | Lepaskan rem |
6 | Angkat coupling pelan-pelan sampai mobil berjalan pelan |
7 | Balik ke point 1 |
Kesalahan yang terjadi untuk materi baru berupa mobil langsung mati mendadak di tanjakan, karena terlalu melepaskan coupling solusinya :
1 | Injak rem kaki |
2 | Injak coupling |
3 | Normalkan gigi |
4 | Starter mobil |
Sekian... Lanjut ke part 3
Posting Komentar