13 Desember 2017

Cara Pengambilan Sertifikat Rumah KPR BTN


Pada hari ini tanggal 13 Desember 2017 hari rabu sertifikat rumah telah saya ambil di tempat saya waktu akad kredit yaitu di BTN Cibubur.

Sebelum pengambilan sertifikat dipersiapkan terlebih dahulu : 
  1. Surat pelunasan dari bank BTN
  2. Uang 250.000 untuk biaya pengambilan
  3. Materai 2 lembar
  4.  Kartu keluarga
  5.  KTP
Sebelum masuk kantor disambut oleh security, menanyakan ada keperluan apa? Saya jawab mau ambil sertifikat, dan diminta surat lunas, KK asli dan KTP. Setelah selesai disuruh menunggu sebentar setelah itu bayar 250.000 di teller. Slipnya nanti diberikan ke officer yang mengurusi sertifikat yang kita ambil.
Dokumen – dokumen yang diserahkan antara lain ;
1.       Surat pengakuan hutang
2.       Akte pembebanan hak tanggungan
3.       Perjanjian kredit
4.       Izin mendirikan bangunan
5.       Sertifikat hak tanggungan
6.       Surat kuasa memasang hak tanggungan
7.       Sertifikat
8.       Akte jual beli.

Setelah saya cek dokumennya, saya akad kredit pada tanggal 14 Juli 2009.. Alhamdulillah sekarang sudah lunas J J

89 komentar:

  1. setelah pelunasan kpr btn..ternyata sertifikat tidak serta merta diberikakan pada hari tersebut, saya disuruh datang 3 hari lagi, krn kesibukan bekerja dan peraturan tmpt saya bekerja..saya tidak bs datang di hari tersebut dan ada waktu luang seminggu kemudian, apakah ada pungutan lg..jika sertifikat tidak diambil, sesuai waktu yg ditentukan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang gak bisa langsung diambil, klink link ini sudah saya bikin penjelesannya..semoga paham

      Hapus
  2. saya sudah lunas kreditnya,tetapi sertifikatnya tidak diserahkan langsung dengan alasan syestem tidak conect.
    ad sisa uang ibu 30.000, lalu saya bilang di debet saja dari butab sy sisa uang sy di butab ada berkisar 400.000 lagi.
    eh.....malah di jawab gak bisa ibu,system gak bisa harus di nol dulu kalau tidak atasan tidak mau tanda tangan.
    itu pengakuan dari pihak banh Btn Syariah Kota Medan yg melayani sy adalah pic nya. Nia.
    mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ibu bisa diselesaikan di Kantor BTN setempat.


      Hapus
  3. berarti cara melunasi kpr btn syaratnya hanya dengan Surat pelunasan dari bank BTN, Uang 250.000 untuk biaya pengambilan, Materai 2 lembar, Kartu keluarga, KTP. dan untuk surat nikah berarti tidak harus ada ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tahu juga, kalau gak sempet hadir coba bikin surat kuasa daripada bolak balik ke BTN. :D

      Hapus
  4. kalo yang atas nama berhalangan hadir krn berada diluar negri, bagaimana prosedur pngambilan dari keluarga (adik kandung)?

    BalasHapus
  5. Apa penyetoran 250.000 itu berlaku seluruh indonesia?? Karena sy rencna mau mengurus pelunasan dan langsung mengambil sertifikt .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau langsung ambil sertifikat tidak bisa, bisa ditanyakan ke CS, karena saya lupa2 ingat maksimal 14 hari setelah melakukan pelunasan..

      lebih dari 14 hari akan kena denda.

      Hapus
    2. Perhitungan dendanya gimanagimana ya .secara akad kredit saya cicilan sampai agustus 2020,pas bulan februari kemarin saya lunasi. Tetapi sampai sekarang belum sempat mengambil karena aktifitas kerja kantor .Soalnya perum ada dikarawang sedang BTN dibekasi .

      Hapus
    3. Perhitungan dendanya perbulan 500.000, tinggal dikalikan saja. Ambil sertifikatnya di Bank waktu akad kredit.

      Hapus
    4. Sy mau tanya,sy pernah ambil foto Copi sertifikat.di BTN.dan bayar 250,000..skrmg sy mau ambil sertifikat asli ..di kenakan biaya lagi gak terimakasih

      Hapus
    5. Parah BANK BTN.TELAT AMBIL SERTIFIKAT KENA DENDA 250RIBU PERBULAN.SUDAH LUNAS PROSESNYA LAMA INI BANK BTN.mau minta fotocopy sertifikat harus bayar 250ribu.udh kayak renternir

      Hapus
    6. Lah kan emang rentenir pakk.. Dimana" Kalau pinjam kena denda dan sita itu rentenir.. Walaupun ada iming" Syariahnya...

      Hapus
    7. Harus ya OJK dan BI bisa nindak pimpinan BTN yg seenaknya membuat aturan bayar 250 ribu setiap mau ambil atau sekedar minta foto copy sertifikat...FC gak semahal itu lah. Itu namanya pemerasan & potensi korupsi berjamaah Krn terang2an secara Bank BUMN gitu loh yg seharusnya melindungi melayani kepentingan nasabah. Tolong ditindak itu OJK/BI

      Hapus
    8. Benar bang...saya sdh melakukan pelunasan sejak 2004 dn sertifikat belum diurus dn diambil krn kesibukan dn saya kena denda penitipan sampai sekarang 2022 totalnya sekitar 100jt an lebih...wah bagaimana ya...sy nggak mampu byr ,hrg rmh nya aja cuma brp tipe 36,ada yg pernah seperti sy?

      Hapus
    9. @anonim gimana ya tahun 2004 berarti hampir 20 tahun baru keinget sama rumahnya ..

      Hapus
    10. Saya beli rumah baru aja,...sdh dilunasi dr pihak terdahulu dn belum diambil sertifikatnya dn saya yg terakhir kena sialnya hrs urus itu semua...

      Hapus
    11. @anonim, beli kok gak ada surat2nya , aneh

      Hapus
  6. Saya belum lunas hanya mau ambil fc sertifikat yg sudah sy balik nama.apa persyaratannya jg sama ..kk.ktp..matrai dn uang 250rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya ambil fotokopinya saja? ..Wah kurang tahu ya..

      Maaf..

      Hapus
  7. Maaf mau tny klo surat perjanjian kredit hilang bagaimana ya.. Apa kah tanpa surat itu tetap bisa ambil sertifikat rumah? 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syarat ambil sertifikat KPR tidak pakai surat perjanjian kredit, tapi syarat2nya sudah saya sebutkan diatas.

      Hapus
  8. Perhitungan dendanya gimanagimana ya .secara akad kredit saya cicilan sampai agustus 2020,pas bulan februari kemarin saya lunasi. Tetapi sampai sekarang belum sempat mengambil karena aktifitas kerja kantor .Soalnya perum ada dikarawang sedang BTN dibekasi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dendanya dihitung perbulan, kena denda 500.000 perbulan, kalo gak salah.

      Hapus
  9. Pada saat pelunasan kok gak ada pemberitahuan dari BTN klo sertifikat harus segera diambil dan ada dendanya klo melewati batas 14 hari

    BalasHapus
  10. Iya saya juga sama, tidak ada pemberitahuan soal kena denda kalau udh pelunasan... Lah gmna dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepetan diambillah.. keburu dendanya segunung :D

      Hapus
    2. Saya tempo 7 Maret 2020 (pembayaran terakhir) biasanya saya via transfer dari ATM BCA ke BTN.Tapi baru hari ini 13 April 2020 saya baru sempet ke BTN cab Cikarang minta bukti pelunasan, dan masih ada yg harus dibayar 17rb rupiah, menurut BTN memang kalo pembayaran terakhir sistem tidak autodebet seperti bulan² sebelumnya dengan tujuan agar kita bisa dapat bukti pelunasan dengan mendatangi bank BTN terdekat. Saya diminta agar calling dulu ke BTN kranji agar bisa dipersiapkan dan membuat janji pengambilan sertifikat. Syarat FC KK, KTP, buku nikah, meterai 6000 3 lmbr dan bukti pelunasan. Mengenai uang 250 ribu dikenakan untuk KPR non subsidi, jika subsidi gretong. Batas pengmbilan 14 hari setelah dapat bukti pelunasan, kalo telat sehari aja denda 500rb, dan selanjutnya dihitung 500rb perbulan.

      Hapus
    3. Itu syarat pengambilannya fotocopy ktp, fotocopy KK, foto copy surat nikah, materai, bukti lunas saja ya?

      Hapus
  11. Kalo belum lunas pbb apakan bisa mengambil sertifikat rumah di bank btn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp, surat lunas PBB untuk pengurusan sertifikat di BPN

      Hapus
  12. Kok saya ga biaya roya waktu ambil sertifikat ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga di minta biaya roya maksudnya

      Hapus
    2. Roya bayarnya di BPN sebelum ningkatin dari SHGB ke SHM.

      Bank hanya ngasih surat permohonan roya ke BPN.

      Hapus
    3. Td saya lihat di sertifikat tidak da stempel dari bank pemberi kpr,apakah sertifikat msh hrs di roya. Soalnya pihak bank krmn jg mau bantu peningkatan SHGB ke SHM(biaya 600rb),tidak bhs soal roya???

      Hapus
    4. Urus sendiri lebih murah, cuma 50ribu.

      Hapus
  13. Alhamdulilah td siang udh di urus sndri biayanya 50rb dan hri senin udh bisa di ambil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa syarat pengurusan SHGB menjadi SHM, berapa kira2 biayanya.

      Hapus
    2. Sudah saya bikin threadnya syarat pengurusan SHGB menjadi SHM, silahkan dibaca -->> DISINI

      Hapus
  14. Sertifikat asli,Fotokopi ktp,kk,imb,pbb thn berjalan. Biaya 50rb

    BalasHapus
  15. Bang, kalau pelunasan dan ambil sertifikat rumah subsidi yg over kredit apakah benar2 bisa hanya dgn surat kuasa dari notaris, mohon petunjuknya atau pernah dapet informasi mengenai hal tsb, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, harus pake surat kuasa dari notaris kalau yang bersangkutan berhalangan hadir.

      Hapus
    2. Kalo pake surat kuasa notaris dokumen apa yg perlu disiapkan

      Hapus
    3. Nyimak...
      Kebetulan saya juga memiliki problem yang sama ...
      Mohon petunjuk

      Hapus
    4. Kalo berkas notaris belum ada nomer seri nya tetep bisa di ambil langsung gK ya

      Hapus
  16. Mohn sarannya bang. Kpr rumah saya sudah lunas agustus 2019 tpi smpi skrg sertifikat blum bisa.diambil juga. Solusinya bagaimana bang. Trimakash

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa gak bisa diambil? gak sempet atau gimana?

      Hapus
  17. Assalamualaikum wr.wb
    Saya pihak kedua atas rumah kpr ...selaku pihak pertama saat ini tinggal d luar kota ..tp masih mau bantu dgn kuasa notaris ..
    Kira2 syarat pembuatan surat kuasa apa aja ..dan surat kuasa apakah bs d buat secara sepihak ( hny pihak pertama tnp pihak kedua selaku penerima kuasa)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr, wb

      Ke notaris aja dulu pak.. nanti dikasih tahu syarat2nya apa saja..

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu saya akad krkedit malah ktp Jakarta, belum E-KTP..ambilnya pake KTP Bogor, gak masalah kok gan.. :)

      Hapus
  19. Gan apakah nanti data yang di sertifikat mengikuti ktp yg baru atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data yang disertifikat ngikut yang dahulu.. kan cuma ambil sertifikat saja di kantor BTN.

      Hapus
    2. Terus cara merubah data nya bagaimana gan?

      Hapus
    3. Mau balik nama atau gimana? kalau iya bisa ditanyakan ke BPN.

      Hapus
  20. Tgl 7 maret 2020 rmh saya Lunas...saya mau dtng langsung ke btn waktu realisasi untuk membayar angsuran terakhir sekaligus mengambil sertifikat rmh... Apakah bisa seperti itu... Ada saja persyaratannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa langsung diambil sertifikatnya ..

      Nunggu sekitar 3 hari atau semingguan kalau gak salah, baru bisa diambil.

      Hapus
    2. Persyaratan pelunasan -->> Buku tabungan, KTP, materai 1 lembar

      Hapus
  21. Malam,apabila nama di ktp tidak sama dengan nama pada sertifikat,beda 1 huruf,apakah bisa diambil tanpa surat keterangan kelurahan nama sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah dapat keterangan lunas dari Bank, mungkin bisa diambil...

      Hapus
  22. Maaf mau nanya pak admin,
    Biaya notaris untuk bikin surat kuasa pengambilan sertifikat lunas di bank btn itu kira2 berapa ya pak.terkait wabah covid 19 gak bisa kemana2.makasih

    BalasHapus
  23. Ketika pengambilan berkas2 setelah pelunasan di btn kok saya gak dapet sertifikat hak tanggungan dan surat pengantar roya ya ? Apa karena kpr bersubsidi . Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  24. Saya jg mau tanya nich,,,,sy mau ngambil sertifikat d btn cabang surabaya tp saat ini surabaya adlh zona merah d tengah pandemi covid 19...tentu saja suami tdk mengijinkn utk kesana,,,trs gmn solusinya ya???

    BalasHapus
  25. maaf mau nanya pengambilan setipikat klo kita udh bercerai sama istri gimana sedang kn kk di perlukan waktu pengambilan

    BalasHapus
  26. ass nanya klo kita over ke pihak ke 2 rmh tp kita dlm kondisi cerai . gimna cara nya. syarat apa yg hrus di lengkapi

    BalasHapus
  27. Maaf mau nanya.. pengambilan sertifikat sampai hri apa yah.. apakah hrinya ditentukan.. terakhir ngambil sertifikat tahun2015 sekarang mau ngambil sertifikat lagi .. untuk rumah yg lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengambilan sertifikat setiap hari kerja, kalau saya harinya tidak ditentukan.. yang penting kira2 seminggu sesudah pelunasan langsung bisa diambil ke BTN tempat waktu akad kredit.

      Hapus
    2. Mu nanya sy perlunasan tgl 6juli 2020,td pagi mu ngambil sertipikat nya sy udh telat datangnya, klu bsk ngambilnya kira2 kena denda gk ya, trs waktu pengambilannya brp hr dr perlunasan? Trims..

      Hapus
  28. Pengambilan serifikat yg sudah melewati H+14 apakah dikenakan biaya 500.000 / bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. lebih jelasnya bisa ditanyakan ke Cutomer service Bank BTN terdekat

      Hapus
  29. Gan kalo semisal orang pertama berhalangan hadir untuk pengambilan sertifikat di bank BTN solusi nya bagaimana ya?
    Mohon di jawab terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake surat kuasa, ada yang bilang pake kuasa harus ke notaris dulu...

      Hapus
    2. Apakah notaris bisa untuk mengeluarkan surat kuasa tanpa menghadirkan si atas nama pertama ini gan? Soalnya saya sudah lama loss contact dengan beliau?

      Hapus
    3. lah.. ini rumah punya siapa? beli dari orang? kalau over kredit kan ada surat2nya..

      Hapus
    4. Over kredit pak, tapi belum balik nama.
      Jadi atas nama masih pemilik pertama, tapi atas nama pemilik pertama nya itu hilang entah kemana, udah loss contact juga, beliau hanya meninggalkan surat surat perjanjian hak kuasa ke saya jika suatu saat mau mengambil sertifikat dibank maupun mem balik nama tidak perlu menghadirkan beliau, tapi pihak bank tidak percaya dan harus menghadirkan si atas nama pertama ini.

      Hapus
    5. waduh repot kalo urusannya begitu.. coba ke bank BTN pusat

      Hapus
    6. Itu kasusnya seperti saya...over kredit belum balik nama, dn pihak pertama yg berhak ambil sertifikat ke btn ...

      Hapus
  30. Maaf sebelumnya mau tanya, bagai mana caranya mengambil sertifikat kalo yang atas nama sertifikat sudah meninggal tapi bapak saya punya asuransi jiwa, mohon infonya 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, dengan melampirkan surat kematian .. selebihnya bisa minta info ke customer service Bank BTN terdekat ..

      Hapus
  31. Untuk cicilan saya sudah lunas ditahun 2017 tapi ada denda yg belum saya bayar waktu itu ga bisa bayar denda ditempat saya bayar harus ke bank
    BTN....yg saya tanyakan bagaimana cara bayar denda saya dan apakah ada biaya lagi untuk keterlambatan pengambilan sertifikat... terima kasih

    BalasHapus
  32. Kpr saya sudah lunas 2016..tp saya blm urus tanda pelunasan ke bank cabang..apa kena denda untuk ambil surat penghapusan hutang,?

    BalasHapus

Labels

Total Tayangan Halaman

Flag Counter